Menulis Dengan Bahasa Inggris Sederhana

Bahasa Inggris Sederhana

Banyak dari kita  merasa tidak nyaman jika harus menulis dengan bahasa Inggris sederhana? Mereka takut reputasinya akan anjlog. Betulkah demikian? Jawabnya adalah tidak! Mengapa? Bahasa Inggris tidak dinilai dari kerumitan atau kesederhanaan kalimat. Yang dinilai adalah apakah kalimat yang telah ditulis itu benar secara gramatika, tidak ada ejaan (spelling) yang salah. Secara logika bahasa tidak ada yang keliru atau mengandung pemaknaan ambivalensi – memiliki dua arti – dan yang penting adalah dengan kalimat atau bahasa kalimat yang runtut. Itu saja.

Ya, itu saja. Kita berasumsi bahwa yang berkunjung ke website ini adalah mereka yang ingin belajar bahasa Inggris, terutama bahasa Inggris tulis, seperti anda dan saya bukan? Nah memang sering kita temui orang-orang yang merasa kalau menulis dengan bahasa Inggris sederhana reputasinya akan melorot atau mereka takut dianggap tidak kompeten dalam berbahasa Inggris. Menurut penelitian orang-orang semacam ini justru tidak memperdulikan siapa pembaca (audience) yang akan dituju. Pembacanya dianggap homogen, sama. Padahal tidak demikian. Jika anda ingin menulis cerita anak-anak, tentu anda harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Dan bahasa atau kalimat yang anda pakai harus sederhana, tidak jlimet dan mudah ditangkap atau dimengerti oleh dunia anak-anak.

Begitu pula jika anda ingin menulis suatu essay dengan pembaca dunia remaja. Jelas bahasa Inggris atau kalimat-kalimat yang anda tuangkan dalam tulisan anda satu atau dua tingkat lebih tinggi dari ketika anda menulis cerita untuk anak-anak.

Awalnya, bahasa Inggris dikembangkan sebagai alat untuk meningkatkan komunikasi publik, tapi lambat laun ia  diterapkan pada bentuk-bentuk lain di luar komunikasi publik bahkan dikembangkan untuk keperluan khusus, misalnya bahasa  untuk pemasaran, bahasa yang khusus dipakai di perusahaan-perusahaan besar terutama multi nasional, bahasa bisnis, dan bahasa untuk keperluan penulisan pribadi, dan lain-lain.

Mengingat kita sedang belajar bahasa Inggris tulis, adalah sangat baik jika kita mulai menulis dengan bahasa Inggris sederhana terlebih dahulu. Setelah kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Inggris tulis anda meningkat, tentu anda akan menulis dengan bahasa Inggrs tulis yang tingkatannya lebih tinggi dari bahasa Inggris sederhana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

chinese-languageenglish-languagefrance-languagegermany-languagejapanese-languagekorean-language1 Bahasa Korea: Bahasa Inggris: Bahasa Francis: Bahasa Jerman: Bahasa Jepang: Bahasa China:
%d bloggers like this: